TUGAS
MATA KULIAH
PEMASARAN
TELUR
AYAM BROILER OMEGA 3
DOSEN:
WAHYUNINGSIH, SST, MP
OLEH
ANNA FAUZIAH
ARNOLDUS YOHANES DU LAKI
|
SEMESTER V
JURUSAN PENYULUHAN PETERNAKAN
SEKOLAH TINGGI PENYULUHAN PERTANIAN (STPP) BOGOR
TAHUN 2013
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Telur
merupakan salah satu sumber protein hewani yang mudah ditemui di lingkungan
sekitar kita. Melalui pengkajian telur lebih dalam, masyarakat luas dapat
mengetahui seberapa pentingnya mengkonsumsi telur
Telur
adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan
susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti
ayam, bebek, dan angsa, akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur
ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan (kaviar).
Sebagian
besar produk telur ayam ditujukan untuk dikonsumsi orang tidak disterilkan,
mengingat ayam petelur yang menghasilkannya tidak didampingi oleh ayam
pejantan. Telur yang disterilkan dapat pula dipesan dan dimakan sebagaimana
telur-telur yang tidak disterilkan, dengan sedikit perbedaan kandungan nutrisi.
Telur yang disterilkan tidak akan mengandung embrio yang telah berkembang,
sebagaimana lemari pendingin mencegah pertumbuhan sel-sel dalam telur.
Peranan telur dalam kehidupan
sehari-hari tampak semakin penting. Hal ini disebabkan antara lain harga telur
yang relatif murah sehingga terjangkau oleh daya beli masyarakat, disamping
dengan semakin timbulnya kesadara masyarakat akan pentingnya gizi terutama
protein hewani.
Hasil observasi di beberapa pasar swalayan, telur ini dijual dalam wadah berisi 6 dan 12 butir. Penampilan luar setiap telur Omega-3 sama seperti telur-telur ayam pada umumnya. Tiap-tiap butir “dicap” dengan berbagai cara. Ada produsen yang menandainya dengan gambar hati atau tanda “ω”. Ada yang menempelkan kertas dengan huruf “O”. Adapun kuning telurnya cenderung “lebih jingga”.
Telur yang sarat dengan Omega-3 adalah telur yang
dihasilkan dari induk ayam yang mendapat perlakuan khusus. Di negara “barat”, ayam-ayam
ada yang diberi pakan biji-bijian, serangga dan minyak ikan yang kaya akan
Omega-3. Di Indonesia pun demikian dan kini keberadaannya sudah semakin
populer.
Pada tanggal 24 Juni 2009, Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil mematenkan
penelitiannya, dimana dengan mencampurkan “ramuan” saripati ikan sarden ke
dalam makanan ayam, kandungan Omega-3 dalam telur meningkat 10 kali lipat.
Keunggulan telur Omega-3 hasil penelitian IPB ini
terletak pada kemampuannya meningkatkan kekebalan tubuh orang yang
mengkonsumsinya. IPB juga mengklaim bahwa kadar kolesterol dalam telur-telur
ini dipastikan 50% lebih rendah dibandingkan dengan telur “biasa”.
Suatu penelitian di Kanada menyimpulkan bahwa mengkonsumsi telur Omega-3 saat sarapan pagi dapat
menurunkan kadar trigliserida dalam darah sehingga meningkatkan kesehatan
jantung. Riset sebelumnya membuktikan bahwa makan telur di pagi hari dapat
menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena telur memiliki tingkat
kekenyangan 50% lebih tinggi dibanding sereal pada umumnya.
PEMBAHASAN
Pengertian telur Omega 3
Penanganan telur dan
proses distribusi yang lebih baik perlu dipikirkan peternak layer agar nilai tukar telur
menjadi lebih baik, di tengah struktur pasar yang cenderung tidak bersahabat.
Komoditas telur memiliki sifat
mudah rusak sehingga diperlukan strategi dari peternak untuk menangani hasil
panennya agar angka kerusakan/kerugian dapat ditekan. Tipe kandang, perlakuan
ketika panen, sampai transportasi berkaitan erat terhadap kualitas telur sampai
ke tangan konsumen. Maka dari itu sebelum dipasarkan, telur dibuat serapi dan
sebersih mungkin agar konsumen menerima telur dengan kualitas maksimal. Ada
peternak yang mengawetkan telurnya sebelum di pasarkan,pengawetan dilakukan
pada peternakan yang menerapkan sistem penjualan dengan kemasan khusus seperti
wadah yang hanya berisi 5-10 telur atau pada produk khusus seperti telur
beromega 3. Produk-produk tersebut lama dalam penjualannya sehingga perlu
diawetkan.
Telur Omega
3
Telur Omega 3 adalah telur yang dapat memenuhi
asupan nutrisi lemak omega-3 . Kuning telur memiliki lemak dari sebutir telur, bisa memperoleh sekira 40-250 miligram asam
lemak DHA dan EPA.
Telur omega-3 adalah telur yang
dihasilkan dari ayam atau unggas lainnya yang berfungsi sebagai sumber protein
hewani yang bergizi tinggi kaerna mengandung asam amino esensial dan non
esensial lengkap, bahkan jika dilihat dari nilai daya cernanya hampir 100% zat
nutrien dari telur dapat diserap oleh tubuh manusia. Telur omega-3 juga
memiliki fungsi lain karena mengandung asam lemak tidak jenuh ganda rantai
panjang yaitu linolenat, EPA(eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic
acid) yang merupakan kelompok asam lemak omega-3. Fungsi dari asam lemak tidak
jenuh ganda rantai panjang dapat memperbaiki metabolisme lemak dalam tubuh,
karena sifatnya yang tidak jenuh maka lemak dalam telur ini tidak memicu
pembentukan kolesterol dalam tubuh yang dapat menyebabkan hiperkolesterolemia.
Cara memproduksi telur omega-3
ini sama seperti memelihara ayam pada umumnya, hanya yang berbeda sedikit di
pemberian pakannya. Pakan yang diberikan harus mengandung bahan yang beromega-3
juga, seperti diketahui bahwa unggas seperti ayam adalah ternak monogastrik (berlambung tunggal)
yang kualitas produknya sangat tergantung dari input yang masuk kedalam
tubuhnya. Contoh bahan pakan yang mengandung omega-3 adalah : limbah dari
proses pengalengan/prosesing ikan yang berasal dari perairan dalam seperti ikan
lemuru/sarden, salmon dll.
Dengan sedikit penambahan limbah
dari pabrik tersebut (2% dari jumlah pakan konsentrat yang diberikan) bisa
mengahasilkan 15,44 mg omega-3/butir telur, selain itu kandugan kolesterol
telur menurun 14,8 %. Jadi dengan memanipulasi pakan ayam kita dapat memperoleh
3 keuntungan dari telur yang dihasilkan yaitu: 1) sebagai sumber protein hewani
yang tinggi akan kandungan asam amino esensial yang diperlukan tubuh, 2) sumber
asam lemak tidak jenuh omega-3 terutama EPA dan DHA yang sangat diperlukan bagi
kerja optimal retina mata dan perkembangan otak yang mempengaruhi kecerdasan
manusia dan 3) menekan kadar kolesterol dalam tubuh.
Manfaat telur omega 3
Telur Omega3 berkhasiat cegah penyakit dan
mencerdaskan otak anak. Jika anak Anda pengidap penyakit jangtung koroner atau
ingin terhindar dari gejala penyakit tersebut, perbanyaklah mengkonsumsi telur
yang satu ini. Telur yang ditemukan oleh peneliti institut pertanian Bogor,
Jawa Barat ini bukan sembarang telur. Namanya telur Omega3 yang kaya akan decosahexaenoic
acid atau DHA, suatu asam lemak yang sangat diperlukan oleh tubuh,
diantaranya untuk meningkatkan kecerdasan otak anak, mencegah penyakit jantung
koroner serta meningkatkan daya tahan tubuh.
Telur
berkhasiat tinggi ini dihasilkan dari ayam petelur yang sebelumnya diberikan
makan dengan suplemen omega tiga selama tiga minggu berturut-turut. Suplemen
omega tiga dibuat melalui proses pengemulsian dan dispersi dari bahan limbah
perebusan ikan sarden. Ikan sarden diketahui mengandung banyak omega tiga, enam
dan sembilan, serta memiliki kualitas yang bagus dibanding sumber omega tiga
dari tanaman dengan ampas tahu sebagai filler.
Hasilnya sungguh luar biasa, dengan konsentrasi
tersebut jumlah asam lemak omega tiga dalam telur meningkat sebanyak sepuluh
kali lipat dari telur biasa tanpa suplemen omega tiga. Sebagai perbandingan,
kandungan eicosa pantoneoic acid atau EPA dan decosahexaenoic acid
atau DHA dari setiap 100 gram telur yang dihasilkan dari ayam petelur yang
diberi makan mengandung omega tiga sebesar 404 miligram dan 2816 miligram.
Sedangkan kandungan yang sama yang dihasilkan dari ayam petelur yang tidak
diberi suplemen omega tiga, jauh lebih rendah hanya 166 miligram dan 239
miligram. Begitu juga kandungan kolesterolnya, setiap 100 gram telur yang
dihasilkan dari ayam yang diberi suplemen omega tiga, 50 persen lebih rendah,
yakni sebesar 147 miligram, sedang telur non omega tiga sebesar 295 miligram.
Perbedaan lainnya secara fisik dibanding telur biasa,
telur kaya Omega3 jika dipecah warna kuning telurnya lebih merah, dan banyak
disukai konsumen untuk pemilihan jenis makanan tertentu. Begitu juga jika
dipisahkan dari putihnya dan diangkat, kuning telur kaya omega tiga jika ujung
permukaannya diangkat menggunakan dua jari dapat bertahan selama sepuluh hingga
lima belas menit, karena memiliki selaput luar dan kuning telur lebih tebal,
berbeda dengan telur biasa yang tidak dapat bertahan lama, segera jatuh dan
pecah
Informasi "bikin cerdas" ini tidak
sepenuhnya salah karena kandungan omega dalam telur Omega3 memang 15 kali lipat
lebih tinggi dibanding telur biasa. Mengapa demikian? Tak lain karena untuk
menghasilkan produk telur yang kaya akan kandungan asam lemak Omega3, makanan
ayam petelurnya pun khusus. Asam lemak Omega3 memang sangat penting untuk
kecerdasan. Itulah sebabnya, telur Omega3 sangat baik dikonsumsi anak balita.
Namun, harus diingat, kecerdasan seorang anak tidak hanya dipengaruhi faktor
nutrisi, tapi juga ditentukan oleh faktor genetik dan sejauh mana stimulasi
yang diberikan lingkungannya. Ketiga faktor ini saling menguatkan satu sama
lain.
Selain itu, telur jenis ini juga memiliki kandungan
kolesterol yang rendah. Ini karena kandungan telur Omega3 antara lain lemak tak
jenuh yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Perlu diketahui, kadar kolesterol
yang tinggi berpotensi menimbulkan sumbatan pada pembuluh darah. Sumbatan
inilah yang akan menyebabkan terjadinya serangan jantung maupun stroke. Hingga
tidak berlebihan bila dikatakan telur Omega3 merupakan pilihan makanan yang
sangat cocok untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan Omega3-nya pun mampu
memperkuat otot-otot jantung.
Dari segi bisnis, produksi telur
omega-3 ini masih memiliki peluang besar karena konsumsi protein hewani rakyat
Indonesia masih jauh dari standar kebutuhan. Jika ditinjau harga jual telur
tersebut dijual tidak seperti telur biasa dengan dihitung per kg, tapi dengan
kemasan berisi 6 atau 10 butir telur per pak dijual dengan harga Rp. 25.000,-
per 10 telur atau Rp 15.000,- per 6 telur.
Pemasaran telur omega 3
Dalam ilmu pemasaran
kita mengenal STP dan 4P sebagai strategi pemasaran produk ataupun jasa.
STP adalah singkatan dari Segmentation, Targeting dan Positioning sedangkan
4P adalah singkatan dari keempat unsur dalam marketing mix, yakni
Product, Price, Place dan Promotion. STP dan 4P akan selalu muncul dalam
marketing, apa pun konteksnya.
- Segmentation: Adalah upaya memetakan atau pasar dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.
- Targeting: Setelah memetakan pasar, tahap targeting seperti namanya adalah membidik kelompok konsumen mana yang akan kita sasar.
- Positioning: Apabila target pasar sudah jelas, positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada konsumen. Apa beda produk kita dibandingkan produk lainnya dan apa saja keunggulannya.
Dalam rangkaian proses pemasaran, STP ini ada di tahap
awal yang paling penting yakni mengidentifikasikan customer value. STP ada di
level strategis karena menentukan bagaimana kita menggarap pasar.
- Product: Pertama-tama, untuk masuk ke pasar, kita harus memiliki produk yang bagus sesuai dengan target pasarnya
- Price: Produk tersebut harus memiliki harga yang sesuai dengan target pasar.
- Place: Lokasi atau tempat yang kita masuki juga menentukan keberhasilan menggarap target pasar.
- Promotion: Ketiga P yang lain tak akan berarti tanpa promosi, yakni mengkomunikasikan produk kita kepada target pasar. Jika STP ada di level strategis, 4P bermain di level eksekusi.
Dalam proses marketing, 4P ini ada pada tahap menyalurkan
customer value dan mengkomunikasikan customer value kepada pasar.
Analisa produk : Telur Omega 3
Telur Omega 3 adalah telur yang diperkaya dengan segala
khasiat kesehatan, telur yang dihasilkan dari ayam atau
unggas lainnya yang berfungsi sebagai sumber protein hewani yang bergizi tinggi
kaerna mengandung asam amino esensial dan non esensial lengkap, bahkan jika
dilihat dari nilai daya cernanya hampir 100% zat nutrien dari telur dapat
diserap oleh tubuh manusia. Seperti
juga telur-telur lain yang kaya dengan protein, vitamin dan mineral,
Dengan mengkonsumsi telur omega
3 maka akan membantu kecerdasan
otak,baik untuk kulit,memberikan 40% lebih vitamin E, karena telur omega 3
rendah kolesterol maka baik untuk kesehatan jantung apabila telur omega 3 di konsumsi
setiap hari.
Segmentasi :
Demografi, penjualan produk telur omega3 ditujukan
untuk para masyarakat dari lapisan masyarakat kelas menengah sampai masyarakat
kelas atas yang mulai perhatian lebih terhadap telur omega 3 guna meningkatkan
daya tahan dan kecerdasan otak. Telur omega 3 tidak menetapkan wilayah sasaran
geografi karena dapat melayani semua segmen pasar. Untuk mendukung keberadaan
telur omega 3 penyebarannya dilakukan pedagang besar, Mini Market dan Swalayan serta supermarket.
Targeting
:
Pria dan wanita. Berusia anak-anak, remaja sampai
dewasa. Pelajar,guru,eksekutif , Atlet dan yang lainnya yang menghendaki kesehatan tubuh dan
kecerdasan otak. Banyak bertempat tinggal di daerah urban dan sub urban.
Berpola pikir dinamis dan energik. Lalu merambah ke pasaran anak muda sebagai
selingan lifestyle anak muda masa kini. Dulu mengkonsumsi telur omega 3 cuma
dicitrakan hanya untuk kelas atas saja. Dalam perjalanan waktu, orang tahu, telur
omega 3 ini juga cocok untuk siapa saja
yang menghendaki kecerdasan otak,baik untuk kulit dan untuk kesehatan jantung
dari eksekutif, pelajar hingga pekerja pria dan wanita . Bahkan, kini semakin
banyak konsumen yang mengonsumsi telur omega 3 ini rutin, setiap hari.
Berani menembus semua segmen pasar dari mulai usia
anak-anak,remaja sampai dewasa, mulai dari pelajar,guru,eksekutif sampai
pekerja kasar, baik wanita ataupun pria, bahkan kalangan kelas menengah ke atas.
Positioning :
Dari contoh produk yang tersedia, telur omega 3 memberikan
manfaat untuk kecerdasan otak dan kesehatan jantung. Telur omega 3
cenderung lebih unggul dibandingkan telur ayam biasa pada unsur rasa, kandungan
dan efeknya pada kesehatan tubuh pada
akhirnya mengubah perilaku konsumen sebagai pengkonsumsi telur omega 3 tersebut.
Penerapan 4 P
Produk:
Produk telur omega 3 di cap dengan gambar hati atau
tanda “ω”, dikemas di dalam kertas karton atau wadah berisi 6 atau 10 butir yang di beri label telur omega 3 dan kandungan
yang terdapat di dalam sebutir telur omega 3 serta manfaatnya karena konsumen tidak mau mengkonsumsinya tanpa
mengetahui kandungan dan manfaat bagi
kesehatan.
Price:
Harga setiap kemasan telur omega 3 yang berisi 6 atau 10 butir berkisar antara harga
Rp. 15.000,- sampai Rp. 25.000,- . Harga yang ditawarkan memang
cukup mahal dibandingkan telur ayam biasa. Harga bukan sebagai penentu
dalam persaingan. Konsumen kembali lagi yang menentukan akan membeli produk
yang mana.
Place:
Mini Market ,Pasar swalayan, dan supermarket serta
pedagang besar.
Promotion:
Bagi produk yang perputarannya cepat seperti telur omega
ini, iklan memang merupakan faktor yang amat penting. Mengenalkan produk
kepada konsumen adalah salah satu tujuan dalam promosi. Periklanan yang efektif
akan mengubah pengetahuan public mengenai ketersediaan dan karakteristik sebuah
produk (product knowledge). Hal ini akan semakin positif jika ditunjang
distribusi yang luas. Akibatnya, produk tersebut akan meraih share yang
sama atau bahkan lebih besar dari Periklanan menjadi salah satu hal yang
penting dalam proses mambangun merek /branding.
Periklanan adalah permainan kalah atau menang. Jika
slogan tanpa arti, itu tidak membantu mereknya. Seperti slogan telur omega 3 “ membantu mencerdaskan otak’’yang
merupakan tag line yang bisa diterima konsumen.
KESIMPULAN
Omega-3 yang terdapat di dalam telur ayam
mempunyai asam lemak yang sangat
bermanfaat bagi metabolisme tubuh, dan berfungsi untuk menangkal penyakit
degeneratif seperti kanker. Beberapa penelitian pun telah membuktikan bahwa
Omega-3 berpotensi mengurangi resiko pembengkakan pembuluh darah, sekaligus
mencegah penyakit jantung.
Dari analisa singkat terhadap STP dan 4P terhadap
produk telur omega 3 dapat kita ketahui bahwa telur ayam yang mengandung omega
3 cenderung lebih unggul dibandingkan dengan telur ayam biasa.
Berani menembus semua segmen pasar dari mulai usia
anak-anak,remaja sampai dewasa, mulai dari pelajar,guru,eksekutif sampai
pekerja kasar, baik wanita ataupun pria, bahkan kalangan kelas menengah ke atas. Di Mini Market,pasar swalayan dan
supermarket bahkan di pedagang besar pun bisa di dapati telur ayam beromega 3.
DAFTAR
PUSTAKA
http://yuiword,wordpress.com/2012/06/analisis-segmentation-targeting-positioning
-4P.html1#
http://contohmakalah.net/2013/01/teluromega3tinggi.html#
Tidak ada komentar:
Posting Komentar